Angin Kencang Tumbangkan Pohon Besar di Kuningan, Atap Rumah Warga Rusak

Andri Yanto
Sebuah pohon besar setinggi 25 meter tumbang akibat angin kencang hingga menimpa bangunan rumah milik warga di Kuningan, Jabar. (foto: BPBD Kuningan)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Sebuah pohon mangga setinggi 25 meter tumbang akibat angin kencang yang melanda Desa Cikaduwetan, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Jabar. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, pohon tersebut menimpa rumah milik seorang warga bernama H Hasim (76), dan mengakibatkan kerusakan pada atap rumahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana mengungkapkan, bahwa angin kencang disertai hujan dengan intensitas sedang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB sore.

"Kejadian kemarin sore, pohon mangga dengan diameter 40 cm dan panjang sekitar 25 meter tumbang menimpa atap rumah Bapak H Hasim. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Indra Bayu Permana, Selasa (15/10).

Kerugian yang ditimbulkan akibat tumbangnya pohon tersebut termasuk kerusakan sedang pada atap rumah milik Hasim, yang dihuni oleh satu keluarga dengan satu jiwa. BPBD Kuningan telah menurunkan tim untuk melakukan assessment dan memberikan bantuan logistik.

Menurutnya, penanganan darurat telah dilakukan segera setelah kejadian. "Warga bersama aparat desa, langsung bergotong-royong membersihkan material rumah yang tertimpa pohon. Kami juga menurunkan tim untuk memotong dan membersihkan pohon yang tumbang," jelasnya.

BPBD Kuningan juga memberikan bantuan berupa bahan logistik, dan terus memantau kondisi di lokasi. Hingga saat ini, pemangkasan sisa dahan pohon mangga masih dilakukan oleh warga sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kondisi di lokasi sudah berangsur pulih, tetapi kami tetap mengimbau warga untuk waspada terhadap kemungkinan adanya cuaca buruk susulan," imbaunya.

Sementara itu, BPBD Kuningan terus berkoordinasi dengan pihak desa untuk memastikan kebutuhan darurat seperti bahan material dapat segera terpenuhi, agar perbaikan rumah yang terdampak dapat dilakukan sesegera mungkin.

"Kami siap membantu warga yang terdampak bencana alam, dan akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan penanganan cepat dan tepat," pungkasnya.***

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network