AMSI Jabar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Andri Yanto
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jabar menggelar pelatihan Cek Fakta, dalam rangka melawan gangguan informasi dan hoaks menjelang Pilkada 2024. (foto: AMSI Jabar)

BANDUNG,iNewsKuningan.id  - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jabar menggelar pelatihan Cek Fakta, dalam rangka melawan gangguan dan hoaks menjelang Pilkada Serentak 2024. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Pikiran Rakyat Jalan Asia Afrika nomor 77, Kota Bandung selama dua hari ini, Minggu (6/10).

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative. Peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari perwakilan media Anggota AMSI Wilayah Jabar, dan perwakilan sejumlah media lainnya dari berbagai daerah mulai dari Cianjur, Bogor, Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Garut dan daerah lainnya.

Pelatihan dibuka langsung Wakil Ketua Umum AMSI, Upi Asmaradhana. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan media dan jurnalisme, dalam menangkal gangguan informasi yang berpotensi merusak proses pilkada seperti hoaks dan disinformasi.

Saat Bertepatan, Upi Asmaradhana mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen AMSI dalam menjaga integritas informasi selama Pilkada berlangsung. Termasuk pentingnya peran media dalam menyediakan informasi yang akurat dan kredibel kepada publik, terutama di tengah maraknya penyebaran berita yang dapat memecah belah masyarakat.

“Kepercayaan publik itu barang yang sangat mahal, terutama media arus utama. Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi media yang menjadi peserta,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua AMSI Jabar Satrya Graha Laksana menambahkan, Cek Fakta Pelatihan bertujuan agar media dan wartawan bisa lebih peka terhadap gangguan informasi menjelang Pilkada 2024. Sekaligus menjadi pihak terdepan dalam memerangi penyebaran hoaks, yang dapat merusak tatanan sosial masyarakat.

Dia juga mengingatkan peran media bukan hanya sebagai penyampai berita, tetapi juga sebagai penjaga kebenaran di tengah pusaran yang tidak menyampaikan informasi yang disebarkan melalui berbagai platform media sosial.

“Ini adalah tanggung jawab besar bagi kita semua, terutama di saat krusial seperti Pilkada,” tandasnya.

Pada pelatihan ini, para peserta diberikan pengetahuan tentang teknik-teknik verifikasi fakta, penggunaan teknologi dalam memeriksa keaslian suatu informasi, serta strategi kampanye melawan hitam yang sering muncul di masa pemilu. 

Selain itu, peserta juga dilatih untuk mengidentifikasi sumber informasi yang valid dan melakukan investigasi mendalam terhadap klaim-klaim yang beredar di ruang publik.

Pada kesempatan tersebut, para peserta yang terdiri dari media online dan cetak di Jabar berharap, dengan kemampuan cek fakta yang lebih baik media bisa lebih efektif dalam menangkal informasi sesat, yang sering kali digunakan sebagai alat propaganda politik.

Dengan terselenggaranya Cek Fakta Pelatihan ini, AMSI Jabar optimis bahwa media di Jabar akan lebih siap menghadapi tantangan dalam memberantas hoax dan gangguan informasi masyarakat, sehingga dapat menerima informasi yang benar dan akurat dalam menentukan pilihannya pada Pilkada 2024.

Dalam Cek Fakta, AMSI menghadirkan dua pelatihan atau pemateri yang berkompeten di bidangnya, yaitu Adi Marsiela dari organisasi jurnalis independen (AJI) dan Johanes Heru Margianto dari Managing Editor media online nasional. ***

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network