PDIP Masih Belum Tentukan Calon Bupati Kuningan untuk Pilkada 2024

Andri Yanto
Ilustrasi Foto PDI Perjuangan. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Konstelasi politik menjelang Pilkada Kabupaten Kuningan, Jabar, tahun 2024 semakin menarik perhatian masyarakat. Apalagi PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pileg 2024, belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai Calon Bupati, Jumat (28/6). 

Hingga saat ini, masyarakat masih bertanya-tanya siapa sosok Calon Bupati Kuningan dari PDI Perjuangan. Pengurus DPC PDIP Kuningan mengisyaratkan inisial RS, yang mengacu pada dua kandidat yang telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati yakni Ridho Suganda dan Rana Suparman.

Namun beredar informasi terkait terbitnya rekomendasi dari DPP PDIP. Pada foto yang diduga merupakan lampiran surat tugas atau Surat Keputusan dari DPP PDIP, tercantum nama M Ridho Suganda sebagai Calon Bupati Kuningan dari PDIP.

Saat dikonfirmasi, Mantan Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda merespons informasi tersebut dengan santai.

"Kita tunggu saja pengumuman dari DPP PDI Perjuangan," kata Edo, sapaan akrabnya. 

Ia menambahkan, bahwa isu tersebut hanya informasi sementara. "Ya, mungkin hanya informasi sementara, supaya kita lakukan konsolidasi di internal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono saat ditemui pada agenda Seren Taun di Kuningan mengungkapkan, bahwa PDIP masih belum menunjuk siapa yang akan diusung sebagai Calon Kepala Daerah untuk Pilkada Kuningan.

"Belum keluar rekomendasi, tapi sudah mengerucut ke dua nama, sama-sama dengan inisial RS," sebutnya. 

Ia juga menyatakan bahwa sebelum rekomendasi resmi dari DPP PDIP keluar, partai telah menugaskan dua kandidat tersebut untuk membuka komunikasi dengan partai lain guna mendapatkan usulan nama pasangan.

"Dari DPP sendiri akan mengerucutkan kepada siapa surat tugas ini diberikan. Dari sisi figur Bacabup-nya, ditugaskan mendapatkan partai untuk bekerja sama (koalisi) karena PDIP Kuningan masih butuh dukungan tambahan kursi," jelasnya.

Dirinya berharap proses ini segera selesai, tergantung kerja dari kedua kandidat yang telah mengerucut ini.

"Mudah-mudahan segera, tergantung kerja dari dua nama yang sudah mengerucut ini, bisa cepat bekerja atau tidak. Kita ingin punya Bupati Kuningan dari PDIP, pasca ditinggalkan oleh Pak Acep. Mudah-mudahan kondisi ini bisa dipersiapkan lebih matang lagi," ungkapnya.

Menurutnya, internal PDIP akan tetap mengkaji secara mendalam untuk rekomendasi ini, apakah akan muncul nama Rana Suparman atau Ridho Suganda yang berpotensi menang.(*) 

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network