Kebakaran Hebat Hanguskan Bengkel di Kuningan, Kerugian Seratusan Juta Rupiah

Andri Yanto
Kebakaran hebat menghanguskan bangunan semi permanen yang berfungsi sebagai bengkel dan rumah tinggal di Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Kebakaran hebat menghanguskan bangunan semi permanen yang berfungsi sebagai bengkel dan rumah tinggal di Desa Japara, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, Jabar. Kejadian pada Sabtu (11/5) malam itu, menelan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Bangunan tersebut merupakan milik wrga setempat pasangan Misna Mulyadi (70) dan Acih (57). 

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, Andri Arga Kusumah menerangkan, dugaan awal kebakaran ini dipicu oleh insiden saat pekerja bengkel tengah menambal ban motor. Namun secara tidak sengaja, tiba-tiba menyenggol botol berisi bensin hingga pecah. 

"Karena tidak sengaja menyenggol salah satu dari enam botol bensin, akhirnya memicu ledakan dan kobaran api di dalam bangunan. Sebab cipratan bensin menyambar api tambal ban sehingga menimbulkan ledakan dan kobaran api," jelasnya. 

Saat kejadian, lanjutnya, upaya pemadaman dilakukan oleh warga setempat dengan peralatan seadanya sebelum tim pemadam kebakaran tiba di lokasi. Adapun kerugian materi akibat kebakaran ini mencakup luas bangunan sekitar 99 meter persegi, dengan estimasi kerugian mencapai Rp 135 juta.

"Selain itu, ada satu korban luka bakar yakni Dede Nurhaedi. Korban segera mendapat perawatan medis di klinik Haura Medika Desa Japara," terangnya. 

Pihaknya menurunkan 10 personel damkar dengan dua kendaraan pemadam ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Sekitar kurang lebih satu jam, akhirnya api berhasil dipadamkan dengan menggunakan 14.000 liter air.

"Setelah dilakukan pengumpulan bukti dan menanyakan saksi-saksi di lokasi kejadian, penyebab kebakaran diduga dari tumpahan bensin yang menyambar api tambal ban," imbuhnya. 

Petugas Damkar juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi kejadian serupa, termasuk sterilisasi ruangan dan pemadaman sumber api dengan handuk yang dibasahi. Termasuk mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran, seperti penggunaan tungku/gas, listrik, dan pembakaran sampah.(*) 

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network