Situs Batu Naga Kuningan, Pj Bupati: Konon 500 Tahun Sebelum Masehi Sudah Ada

Andri Yanto
Keberadaan sejumlah situs ratusan tahun di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mampu menarik perhatian Pj Bupati Raden Iip Hidajat untuk dikunjungi. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Keberadaan sejumlah situs ratusan tahun di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mampu menarik perhatian Pj Bupati Raden Iip Hidajat untuk dikunjungi. Apalagi salah satu situs yakni Batu Naga Kuningan dikabarkan sudah ada sejak 500 tahun sebelum masehi.

Situs tersebut berada di kawasan Gunung Tilu, yakni sebuah gunung yang tidak aktif atau bukan berapi terletak di perbatasan Kuningan (Jabar) dan Brebes (Jateng). Secara administratif pemerintahan, Gunung Tilu termasuk ke dalam wilayah Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum di Kuningan.

Gunung Tilu merupakan kelompok pegunungan yang setidaknya mempunyai tiga puncak tertinggi yaitu puncak Sukmana (1.154 mdpl), puncak Gunung Tilu (1.076 mdpl), dan puncak lainnya yang tidak diketahui namanya (1.112 mdpl). Masyarakat cukup beralasan menyebut kawasan gunung tersebut dengan Gunung Tilu yang berarti tiga, karena dari setiap sudut kawasan tersebut selalu memperlihatkan tiga gundukan gunung.

Kawasan itu menjadi hulu bagi banyak sungai kecil yang membentuk dua sungai besar di Desa Jabranti dan Desa Cimara, yaitu sungai Citaal dan Cijangkelok. Hutan-hutan di wilayah itu, meski bukan lagi hutan yang belum terjamah, kebanyakan masih berupa hutan alam yang berstatus hutan lindung.

Keanekaragaman hayati yang dikandungnya adalah luar biasa, mengingat bahwa lingkungan di sekitarnya merupakan wilayah pemukiman yang relatif padat. Sebagian areal merupakan kawasan hutan produksi yang ditanami jati dan pinus, bersisian dengan bagian-bagian hutan yang telah dibuka untuk dijadikan kebun atau persawahan.

Pj Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat mengaku tertarik untuk mengunjungi sejumlah situs di Kuningan, demi merawat cagar budaya hingga mengoptimalkan potensi pariwisata daerah.

“Jadi Jawa Barat ada Kabupaten Kuningan, dan Jawa tengah ada Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, titik kulminasinya ada di Puncak Gunung Tilu. Nah tidak jauh dari situ ada situs Batu Naga. Konon kabarnya 500 tahun sebelum masehi sudah ada, situs ini menunjukkan kepada kita bahwa ada peradaban luar biasa di Kabupaten Kuningan,” kata Raden Iip.

Dirinya juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Goa Indrakila di Desa Jabranti. “Kunjungan kita ke Goa Indrakila ini kaitannya dengan memelihara cagar budaya, kami ke sini untuk melihat potensi wisata ke depan. Namun kami berkomitmen nantinya potensi wisata ini tidak akan mengganggu habitat,” tutupnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network