Program Pertukaran Mahasiswa Belajar di Universitas Kuningan Berjalan Sukses

Andri Yanto
Universitas Kuningan (Uniku), Jawa Barat, secara resmi melepas 45 mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 yang telah dilaksanakan. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Universitas Kuningan (Uniku), Jawa Barat, secara resmi melepas 45 mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3. Acara ini dimeriahkan dengan Festival Budaya, dengan menampilkan kekayaan budaya daerah yang dibawa oleh mahasiswa-mahasiswa tersebut.

Mahasiswa inbound dari program PMM 3 ini, telah menunjukkan kebudayaan daerah masing-masing selama 4 bulan terakhir termasuk pakaian adat dan tarian daerah. Wakil Rektor I Uniku, Dr Anna Fitri Hindriana MSi selaku PIC Program PMM 3, mengungkapkan perasaan berat untuk melepas mahasiswa-mahasiswa yang telah menjadi bagian dari komunitas Uniku sejak awal September lalu.

Dalam laporannya, Dr Anna menjelaskan bahwa Uniku telah mengirim 31 mahasiswanya ke 16 Perguruan Tinggi (PT) di berbagai daerah. Seperti di antaranya Sumatera, Lombok, Sulawesi, Maluku, dan Bali, sekaligus menerima 45 mahasiswa dari 19 PT yang berbeda.

Rektor Universitas Kuningan, Dr H Dikdik Harjadi MSi menambahkan bahwa program PMM merupakan bagian dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang diadakan Kemendikbudristek.

“Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan di luar lingkungan kampus masing-masing. Pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang keragaman Indonesia, termasuk Kabupaten Kuningan,” kata Rektor Dr Dikdik.

Pihaknya berharap, momentum ini menjadi awal dari hubungan yang baik antara mahasiswa dan Universitas Kuningan. “Semoga pengalaman yang didapat mahasiswa selama 4 bulan ini, akan menjadi bekal berharga bagi mereka dalam menghadapi masa depan,” imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya telah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru, Rabu (31/1). Adapun pendaftaran penerimaan telah dibuka sejak 4 Desember 2023 hingga 17 Mei 2024.(*)

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network